• June 8, 2023

Tips Memilih dan Mengolah Ikan Tuna

Sahabat Sehat pasti sudah tak asing lagi dengan ikan tuna. Ikan ini termasuk makanan bergizi tinggi karena kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan. Ikan tuna bermanfaat mencegah anemia, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengontrol kadar gula darah.

Berdasarkan cita rasanya, ikan tuna ini banyak digemari masyarakat. Selain dagingnya lezat, ikan ini bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Oleh karenanya, kamu bisa memasaknya sendiri di rumah. Ikuti tips memilih ikan tuna agar layak dikonsumsi beserta cara mengolahnya dengan benar.

tips memilih ikan tuna segar
Foto: Pexels.com

Tips Memilih Ikan Tuna yang Berkualitas

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh tentu sangat beragam, namun untuk memperoleh manfaatnya tersebut, Sahabat Sehat perlu memilih ikan tuna yang berkualitas. Tips berikut ini akan memudahkanmu menemukan ikan tuna yang layak konsumsi agar aman dan tidak menimbulkan masalah kesehatan.

1. Memperhatikan Warna dan Tekstur Ikan Tuna

Warna adalah karakteristik pertama yang perlu diperhatikan karena sangat mudah dikenali. Ikan tuna yang berkualitas, tentu tampak masih segar dengan warna kemerahan. Sebaliknya, ikan tuna yang buruk justru mempunyai warna lebih pucat. Selanjutnya, perhatikan tekstur ikannya. Ikan tuna segar mempunyai tekstur kulit yang kenyal. Cara mengetahuinya adalah dengan menekan bagian kulitnya. Hindari ikan tuna yang teksturnya mengkerut.

2. Memeriksa Aroma Ikan Tuna

Aroma juga menentukan apakah ikan tersebut segar atau tidak. Perhatikan aroma ikan untuk mengetahui kualitasnya. Ikan yang segar mempunyai aroma khas laut, sedangkan ikan yang sudah tidak layak akan mengeluarkan aroma amis dan busuk sekaligus.

3. Memilih Ikan Tuna Berkulit Lembab dan Tidak Berlendir

Jangan terburu-buru untuk memilih ikan demi memperoleh ikan dengan kualitas terbaik. Perhatikan permukaan kulit ikan untuk mengidentifikasi kualitasnya. Hindarilah ikan dengan permukaan kulit yang kering dan pilihlah ikan yang masih mempunyai permukaan kulit lembab dan tidak berlendir.

mengolah ikan tuna
Foto: Pexels.com

Cara Mengolah Ikan Tuna

Setelah mengetahui cara memilih ikan tuna berkualitas, kamu perlu mengetahui cara memasak yang tepat. Cara memasak ikan tuna memang sedikit berbeda dengan ikan lainnya dikarenakan aromanya yang cukup kuat. NAh, supaya aroma amisnya berkurang, kamu bisa lumuri dan marinasi ikan tuna dengan perasan air lemon atau jeruk nipis, kemudian diamkan dalam beberapa menit sebelum dimasak.

Berikutnya, kamu bisa memasaknya dengan cara ditumis, direbus, dipanggang, atau digoreng. Supaya kandungan gizi tuna tetap terjaga, hindari memasak ikan tuna terlalu lama dalam suhu tinggi. Masaklah dengan suhu 80 derajat Celcius dalam waktu 7-8 menit. Perhatikan tekstur ikan agar jangan sampai menjadi cokelat dan keras.

Sahabat Sehat dapat mengikuti tips di atas agar dapat mengonsumsi ikan tuna dengan aman. Cobalah resep memasak ikan tuna yang sesuai selera.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *