• September 21, 2023

Ragam Manfaat Lemon Essential Oil

Lemon essential oil terkenal karena aromanya semerbak dan menyegarkan. Minyak esensial dihasilkan dari ekstraksi kulit lemon melalui proses cold-pressing ini punya beragam khasiat yang sayang jika tidak dimanfaatkan.

Di dalamnya terkandung bioactive monoterpenoids, seperti D-limonene (antioksidan, antiinflamasi, dan antikarsinogen), β-pinene (antiproliferatif dan sitotoksik), γ-terpinene (antioksidan). Dengan beragam zat tersebut, minyak lemon membantu menyehatkan, menyegarkan, sekaligus mengatasi berbagai keluhan kesehatan, berikut ini di antaranya.

anfaat lemon essential oil
Foto: Freepik.com

Mengurangi Rasa Mual atau Morning Sickness

Minyak lemon terkenal sebagai pereda rasa mual ataupun morning sickness pada ibu hamil. Jika kamu merasa mual, hirup minyak lemon untuk meredakan. Penggunaan minyak lemon setiap kali merasa mual juga mampu menurunkan risiko muntah.

Mengatasi Gangguan Pernapasan

Minyak esensial lemon bersifat antiradang untuk mengatasi gangguan pernapasan. Minyak ini merangsang drainase limfatik, sehingga mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening. Potensi penumpukan cairan berkurang dan batuk mereda. Minyak lemon merelaksasi pikiran dan menenangkan otot tenggorokan, sehingga akan membantu meredakan gejala sakit tenggorokan.

Meredakan Nyeri

Minyak lemon juga mempunyai efek analgesik, sehingga dapat meredakan nyeri. Efek anti-stres dan antidepresan di dalamnya juga memberikan ketenangan pada tubuh saat merespon rasa sakit atau nyeri.

Merawat dan Mengatasi Masalah Kulit

Kesehatan kulit terjaga karena penggunaan minyak lemon yang bersifat antioksidan. Kamu bisa menambahkan setetes minyak lemon ke air pembersih wajah. Lemon juga bersifat anti-penuaan yang mengencangkan kulit dan membuat awet muda.

Dilansir dari laman HelloSehat, penelitian dalam Jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine mengungkapkan bahwa minyak esensial lemon mengatasi masalah kulit, meliputi lecet dan luka, gigitan serangga, kulit berminyak, dan selulit. Meskipun demikian, tidak disarankan langsung mengoleskan minyak ke kulit karena menimbulkan iritasi. Jadi, campurkan minyak lemon dengan minyak pembawa sebelum dioleskan ke kulit.

Meningkatkan Suasana Hati dan Konsentrasi

Minyak esensial lemon bersifat anti-stres, sehingga menenangkan dan meningkatkan konsentrasi. Aroma khas lemon juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Perasaan cemas, jenuh, dan lelah, secara otomatis mereda.

Cara Aman Menggunakan Minyak Lemon

Agar pemakaian minyak lemon ini aman, kamu bisa mengikuti beberapa cara. Pertama, campurkan minyak esensial lemon dengan minyak pembawa agar tidak iritasi, seperti minyak jojoba, almond, alpukat, atau lainnya. Kedua, hindari mengoleskan minyak lemon secara langsung ke kulit, terlebih dalam jumlah banyak karena berpotensi menyebabkan iritasi.

Ketiga, hirup minyak esensial lemon, baik dari botolnya langsung, menggunakan diffuser (takaran 3-5 tetes per 100 ml air untuk maksimal 30 menit), maupun menuangkan beberapa tetes pada tisu atau kain tebal. Keempat, campurkan minyak lemon ke detergen, sampo, sabun, body lotion, atau produk lainnya untuk menambah manfaat dan aroma.

Khasiat minyak esensial lemon memang beragam, namun hanya untuk pemakaian luar yaitu tidak boleh dikonsumsi. Jika ingin digunakan secara rutin, lebih baik berkonsultasi tenaga profesional terlebih dahulu sebelum memakainya.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *