• September 25, 2023

Lutut Berwarna Gelap? Atasi dengan Cara Ini!

Mungkin Sahabat Sehat pernah kepikiran, kenapa ya kulit lutut berwarna lebih gelap? Padahal jarang mengenakan celana pendek, tapi kok lutut tetap berwarna gelap. Bingung gak tuh?

Yuk, cari tau kenapa sih kulit lutut berwarna lebih gelap. Apa saja penyebabnya dan bagaimana upaya perawatan dengan bahan alami untuk membantu mencerahkan kulit lutut?

merawat lutut
Foto: Freepik.com

Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi pada kulit ketika terjadi peningkatan produksi melanin, yakni pigmen alami yang memberikan warna pada kulit sehingga menyebabkan area pada kulit lebih gelap dari sekitarnya.

Lalu apa yang menyebabkan hiperpigmentasi? Ada beberapa hal yakni paparan sinar matahari, perubahan hormonal, penggunaan obat tertentu, gesekan, peradangan. Secara medis, hiperpigmentasi tidak berbahaya, hanya saja bisa mengganggu bagi beberapa orang, kaitannya dengan penampilan.

Kulit Kering

Kulit kering di area lutut bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati inilah yang menjadikan lutut berwarna lebih gelap. Perlu dilakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati.

Genetik

Bisa saja seseorang memiliki lutut berwarna gelap karena diturunkan dari kedua orang tuanya. Warna kulit dan pigmentasi tertentu dapat memiliki komponen genetik yang mempengaruhi penampilan lutut.

Cara Mengatasinya

Sahabat Sehat kan sekarang sudah tau penyebabnya, nah, berikut adalah upaya yang bisa kamu coba untuk merawat kulit lutut. Hanya dengan menggunakan bahan alami yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar, berikut di antaranya.

Lemon

Lemon memiliki sifat pemutih alami dan kandungan asam sitrat yang dapat membantu mencerahkan kulit. Potong lemon menjadi dua bagian, lalu gosokkan pada permukaan kulit lutut biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini secara teratur, tetapi hindari penggunaan jika kulit Anda sensitif atau iritasi.

Baking Soda

Baking soda memiliki sifat eksfoliasi yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Cara penggunaannya, buat pasta soda kue dengan mencampurnya dengan sedikit air. Gosokkan secara lembut pasta ini pada kulit lutut selama beberapa menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan ini secara teratur untuk mendapat hasil yang maksimal.

merawat llutut
Fotof: Unsplash.com

Gel Lidah Buaya

Lidah buaya sangat bagus untuk kesehatan kuit. Banyak produk perawatan kulit yang mengandung gel lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat mendinginkan dan membantu regenerasi sel kulit. Lidah buaya yang memiliki kandungan aloesin berpotensi mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Cara penggunaannya, potong lidah buaya menjadi dua bagian kemudian oleskan gel lidah buaya pada kulit lutut. Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Gula dan Minyak Zaitun

Membuat scrub alami dengan mencampurkan gula dan minyak zaitun. Campuran ini sangat bagus untuk mengangkat sel kulit mati. Gosokkan campuran ini pada kulit lutut selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

Sahabat Sehat, perlu diingat bahwa hasil perawatan alami dapat bervariasi tergantung pada jenis dan kondisi kulit individu. Jika kulit kamu memiliki masalah yang lebih serius atau jika perubahan kulit tidak membaik setelah beberapa waktu, sebaiknya konsultasikan dengan tenaga medis profesional.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *