• September 23, 2023

Kopi Plus Gorengan Bahaya untuk Penderita Diabetes?

Apakah Sahabat Sehat coffee lovers yang juga suka gorengan? Ngga sedikit yang menjadikan kopi dan gorengan sebagai kombinasi camilan favorit. Akan tetapi, seorang diabetesi ngga disarankan mengonsumsi keduanya sekaligus. Kira-kira apa ya alasannya?

Kopi dan Gorengan bagi Penderita Diabetes

Menikmati setiap momen dengan meminum kopiĀ  yang dilengkapi gorengan sebagai kudapan memang mengasyikkan. Akan tetapi, penderita diabetes harus menghindarinya karena ada risiko di balik mengonsumsi kopi dan gorengan.

kopi dan gorengan
Foto; Freepik.com

Berdasarkan penelitian dari University of Guelph, mengonsumsi gorengan sambil minum kopi manis menyebabkan naiknya kadar gula darah secara signifikan. Kandungan lemak jenuh dalam gorengan membuat tubuh kesulitan menstabilkan kadar gula darah hingga dua kali lipat. Inilah yang membuat kadar gula darah tubuh menjadi naik secara signifikan dan lebih berbahaya jika kopi diberi tambahan gula.

Jika kadar gula dalam darah selalu tinggi, maka dalam kondisi tertentu bisa menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Akibatnya, terjadi sumbatan atau kerusakan dalam pembuluh darah yang memicu penyakit jantung. Jadi, selain menanggung efek diabetes, mengonsumsi kopi dan gorengan secara bersamaan bisa menyebabkan penyakit jantung.

Tips Aman Mengonsumsi Kopi dan Gorengan

Penderita diabetes mempunyai kondisi kesehatan yang rawan dan harus menghindari konsumsi kopi dan gorengan secara bersamaan. Lalu, apakah harus menghindari secara total? Sebenarnya, ada tips aman untuk penderita diabetes dalam mengonsumsi kopi dan gorengan.

kopi tanpa gula
Foto; Freepik.com

Pilih Kopi Pahit atau Tanpa Gula

Mengonsumsi gula berlebih akan memberikan lonjakan kadar gula darah, bahkan pada orang yang sehat. Jadi, penderita diabetes harus membatasi bahkan menghindari gula. Saat minum kopi, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsinya tanpa gula.

Hindari Kopi Latte

Selera kopi setiap orang tentu berbeda-beda. Salah satu racikan kopi yang banyak digemari adalah kopi latte. Kombinasi kopi dan susu yang sudah dicampur sirup gula ini sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Susu skim atau full cream di dalam kopi latte mengandung sekitar 5 gram karbohidrat dalam setiap 100 gram-nya. Bahkan, latte tanpa gula juga mengandung 10-15 gram karbohidrat. Jika sangat ingin meminumnya, maka batasilah konsumsinya dengan hanya menggunakan satu cangkir kecil dan tidak dikonsumsi terlalu sering.

Batasi Gorengan dan Makanan Berminyak

Mungkin akan sangat sulit untuk menghilangkan gorengan dari menu sehari-hari. Oleh karena itu, Sahabat Sehat perlu lebih bijak degan membatasi porsinya. Sebagai contoh, jika pagi hari sudah makan tempe goreng dan siangnya makan ayam goreng, maka hindari makan gorengan lagi di malam harinya.

Utamakan konsumsi sayur hijau yang diolah tanpa minyak, misalnya dengan cara direbus. Hindari juga olahan bersantan karena mengandung lemak jenuh.

Kondisi kesehatan dari penderita diabetes perlu lebih diperhatikan agar tidak memburuk. Jika kondisi diabetes sudah parah, maka konsultasikan dengan dokter untuk memastikan aman atau tidaknya minum kopi dan gorengan.Editor &

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *